in

Persiapan Adopsi Kucing (Baca Ini Dulu Sebelum Adopsi Kucing Pertama Kamu)

Sudah siapkah kamu memelihara kucing di rumah?

Kucing memang lucu dan menggemaskan, tapi mereka juga individual yang unik yang juga punya sifat, kebutuhan, dan tingkah lakunya sendiri. Sebelum persiapan adopsi kucing (kitten atau kucing dewasa) kerumahmu, kamu harus mempersiapkan rumahmu. Kamu juga perlu mempersiapkan mainannya, tempat tidur, kotak pasir, dan makanan.

Jika kamu mau mengadopsi kucing, akan ada kemungkinan peliharaan kamu yang baru telah dipisahkan dari ibunya. Jika itu memang terjadi, maka anak kucing kamu mungkin perlu belajar untuk bersosialisasi. Mayoritas anak kucing juga diadopsi diantara umur 8 hingga 10 minggu, yang artinya, peliharaan kamu mungkin juga masih sangatlah kecil dan belum tahu apa-apa.

Sebagai pemilik kucing baru, tanggung jawab kamu adalah termasuk mengecek rumah kamu dari potensi bahaya dan memberikan tempat yang aman buat kucing kamu.

Table Of Contents

Buat rumah kamu aman untuk kucing

Anak kucing oren didalam rumah melamun

Hal yang paling mudah terlihat dan berbahaya untuk kucing yang bisa kamu rapikan adalah kabel. Kucing dan anak kucing sangatlah tertarik pada kabel yang berserakan, pertimbangkan untuk menutup kabel di lantai dengan selotip atau karpet.

Jika kamu pernah memasang jebakan untuk hewan lain seperti lem tikus, racun semut, dll. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuang itu semua.

Daftar belanja persiapan adopsi kucing baru

Anak kucing, sebenarnya tidak terlalu butuh banyak barang-barang baru. Untuk kasur pun, mereka bisa tidur dimana saja. Di sofa, di kasurmu, atau bahkan di atas keset. Sedangkan untuk mereka bermain, seutas benang pun cukup, tetapi, masih ada beberapa hal khusus kucing yang perlu kamu beli.

Kebutuhan dasar kucing

Persiapan adopsi kucing kamu butuh beberapa kebutuhan dasar kucing seperti:

  • Makanan
  • Tempat tidur
  • Tempat untuk menggaruk kuku
  • Kotak Pasir
  • dan Pasir

Setelah kamu membeli kebutuhan kucing kamu diatas, kamu juga bisa membeli beberapa mainan untuk mempermudah proses pindah kucing kamu sebagai persiapan adopsi kucing.

Makanan Kucing

Kucing makan dalam mangkuk

Pada umumnya, dalam mengadopsi kucing orang-orang seringkali mengadopsi anak kucing. Dan jika kamu mengadopsi anak kucing, pastikan kamu membeli makanan kucing untuk Kitten atau anak kucing.

Ketika mengadopsi kucing, jangan lupa untuk menanyakan makanan kucing. Untuk awal, berikan makanan yang sama yang diberikan pemilik sebelumnya, hal ini untuk menghindari si kucing muntah atau tidak mau makan.

Gunakan mangkok yang rendah sehingga mudah dijangkau si kucing, perlahan-lahan baru mulai berikan makanan baru yang ingin kamu berikan untuk kucing kamu, hingga akhirnya makanan lamanya benar-benar tergantikan.

Pastikan juga selalu mengganti air si kucing setiap hari dengan air yang baru ya.

Mainan kucing

Kamu akan menghabiskan banyak waktu dengan kucing kamu di minggu pertama untuk membangun ikatan batin dengan kucingmu yang baru. Oleh karena itu, dalam persiapan adopsi kucing kamu juga perlu membeli mainan kucing.

Salah satu cara terbaik untuk ini adalah dengan bermain dengan kucing kamu. Kamu bisa membeli mainan yang murah atau mahal di petshop terdekat kamu. Atau, jika kamu ingin berhemat, kamu bisa menggunakan kertas yang digumpalkan, benang, atau kemoceng untuk bermain dengan kucing kamu.

Selalu berhati-hati ketika bermain dengan anak kucing. Barang-barang yang memiliki resiko tertelan, bisa ditelan si Kucing dan mengakibatkan gangguan pencernaan.

Tempat untuk menggaruk kuku

Kucing memiliki kuku yang harus terus mereka latih dan akan terus tumbuh. Beberapa anak kucing mungkin akan mulai mencakar karpet, atau sofa kamu, tetapi ada cara untuk menghindari ini.

Untuk menghindari kucing kamu merusak perabotan di rumah kamu, selalu sediakan tempat untuk menggaruk kuku untuk kucing. Tempat atau papan untuk menggaruk kuku ini bisa kamu temukan di petshop terdekat atau marketplace pilihan kamu.

Pasir dan kotak pasir

Ada banyak pilihan kotak pasir di pasaran, tetapi pastikan kotak pasir yang kamu pilih cukup rendah sehingga si kucing bisa masuk dan keluar dengan mudah.

Banyak orang menggunakan kotak plastik biasa dengan ukuran kecil untuk awalan. Harap diingat, jika beberapa kucing perlu pembiasaan di kotak pasir mereka, kamu juga bisa menambahkan padding di sekitar kotak pasir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mempersiapkan dirimu untuk peliharaan baru

Persiapan adopsi kucing apa yang harus disiapkan

Jika kamu belum pernah memelihara kucing, kamu harus mempersiapkan diri kamu sebagai pemilik hewan peliharaan. Tidak seperti peliharaan lainnya (Ikan, dan hamster contohnya), kucing perlu perhatian, ditemani, dan dirawat dengan baik.

  • Pastikan kamu dan keluarga kamu punya waktu untuk bermain dengan kucing kamu
  • Buat kesepakatan dengan keluarga tentang aturan untuk kucing kamu
  • Dimana kucing kamu tidur? Tempatkan kucing kamu dalam satu ruangan di minggu-minggu awal, mudah untuk kucing ‘tersesat’ ketika dia memutuskan untuk bersembunyi
  • Siapa yang bertanggung jawab atas perawatannya? Dari memberi makan, hingga membersihkan pasir dan membawa ke dokter. Memelihara kucing membutuhkan waktu, tenaga, dan usaha. Pastikan ada anggota keluarga lain yang juga siap bertanggung jawab.

Setelah membaca persiapan adopsi kucing diatas, siapkah kamu mengadopsi kucing pertamamu?

Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh Graha Nurdian

Seorang pecinta kucing yang lahir pada tahun 1994 berada di era transisi antara generasi baby boomer dan generasi Z. Memiliki hobi bersepeda dan fotografi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
Kenapa kucing takut air

Kenapa Kucing Benci Air?