in

Kenapa Kucing Benci Air?

Kucing kamu benci air gak?

Sebenernya tidak semua kucing benci air. Kucing yang punya pengalaman positif disekitar air, terutama waktu kucing di usia 6 – 12 minggu. Selain itu, ada juga beberapa jenis kucing yang memang suka air lho. Tapi di artikel ini aku akan bahas tentang kenapa sih kucing kok benci sama air.

Kucing Berevolusi untuk Membenci Air

Kucing berenang di air

Dipercaya kucing dijinakkan pertama kali waktu 9500 tahun yang lalu di timur tengah. Mereka berveolusi di tengah iklim gurun dan tidak terekspos dengan suka, danau, dan hujan. Ini membuat kucing benci air. Bahkan, kucing kampung pun ketika hujan akan mencari tempat berteduh. Kucing benci air sudah menjadi insting mereka di kucing sekarang.

Tapi tidak semua sih takut sama air, ada beberapa jenis kucing yang tidak takut dengan air karena sejarah evolusinya. Kucing anggora misalnya, mereka terkenal karena suka air dan bisa berenang. Mereka beradaptasi di iklam daerah Danau Van di Turki untuk mengganti bulunya di musim semi. Beberapa jenis kucing lain juga seperti Bengal, Maine Coon, dan American Bobtail juga tidak takut sama air.

Video kucing lagi renang

Kucing Sensitif dengan Bau

Kucing punya indra penciuman yang tajam, 20 kali lebih sensitif daripada kita. Bau yang mereka hubungkan dengan bau sampo dan conditioner bisa membuat kucing benci air dan mandi. Beberapa juga ada yang menspekulasikan kalau kucing tidak suka bau dari air keran.

Kucing Suka Tetap Bersih dan Hangat

Kucing sangatlah cermat terhadap kebersihan alaminya dan menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan badannya. Kucing juga menjaga temperatur tubuh mereka tetap tinggi, dan dengan menjilati badannya menjaga temperatur tubuh mereka tetap tinggi. Ketika kucing basah kuyup, susah untuk mereka kembali kering dengan cepat, yang mana ini membuat kucing risih dan menjadikan kucing benci air.

Kucing Benci Air Karena Pengalaman Buruk

Banyak kucing yang punya pengalaman buruk dengan air, kehujanan deras tanpa tempat berteduh, disemprot air, dan dipaksa mandi contohnya. Jadi ya cukup bisa dimaklumi kenapa kucing benci air.

Apakah Kucing Butuh Mandi?

Kucing mandi

Seperti yang aku sebutin sebelumnya, kucing selalu menjaga tubuhnya tetap bersih dan bisa menghabiskan 40% dari waktunya dalam sehari untuk membersihkan tubuhnya, jadi kucing sebenarnya tidak terlalu butuh untuk dimandikan.

Kecuali kalau ada masalah tertentu seperti masalah kulit, penyakit sendi (biasanya pada kucing tua), dan kucing yang kegendutan karena mereka kesulitan untuk menjilat bagian tubuh tertentu. Mandi juga penting kalau mereka terkena kotorannya, lumpur, lem atau yang lain.

Bagaimana Agar Kucing tidak Benci Air?

Sebelum Memandikan Kucing

Biasakan kucing dengan kamar mandi. Kalau mandikan kucing pake bathup, biasakan kucing didalam bathup dulu sehingga dia terbiasa. Berikan snack, catnip, atau mainan agar kucingmu menganggap pengalaman di kamar mandi itu positif. Sebar snack atau catnipnya agar kucing menjelajahi bath tub, atau kamar mandi mu.

Ketika kucingmu sudah merasa nyaman bermain dan makan snack di kamar mandi atau di bathtube, tambahkan sedikit air hangat dan biarkan dia bermain didalam. Pancing kucingmu untuk bermain dan puji kalau dia mau bermain di dalam bathtub atau kamar mandi yang ada airnya.

Sebelumnya, siapkan peralatan mandi si kucing, shampoo, handuk, dan gayung untuk memandiku si kucing.

Tetap tenang agar si kucing tidak kaget dan kucing benci air. Tutup pintunya pelan-pelan. Walaupun mungkin akan sedikit meronta-ronta, tetap tenang agar kucingmu tidak stress juga.

Waktu Mandi

Kalau kucingmu rewel, pancing dengan mainan atau snack. Jangan sampai kamu harus menyubit bagian tengkuknya dan menahannya agar tetap diam. Tetap tenang, perhatikan bahasa tubuh kucingmu, dan berikan pengalihan positif seperti mainan atau snack agar kucing tetap tenang.

Hati-hati, jangan sampai air terkena wajah atau telinga dan mata kucing. Hindari mencuci kumisnya. Karena kumis kucing sangatlah sensitif dan kucing sangat benci kalau kumisnya terkena air, makanan, dan kotoran. Pastikan bilas samponya hingga bersih untuk menghindari iritasi kulit

Setelah Mandi

Gunakan handuk yang kering. Pelan-pelan angkat kucingmu dari permukaan air dan bungkus segera dengan handuk kering. Pastikan keringkan kucingmu dengan kering, lalu jemur di sinar matahari atau dengan hair dryer setting paling kecil dan terus berpindah-pindah agar tidak terlalu panas. Akhiri dengan sesi bermain dan snack favoritnya!

Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh Graha Nurdian

Seorang pecinta kucing yang lahir pada tahun 1994 berada di era transisi antara generasi baby boomer dan generasi Z. Memiliki hobi bersepeda dan fotografi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
kucing-tidur-lama

Anak kucing Usia 6 Minggu Sampai 12 Minggu

Persiapan adopsi kucing apa yang harus disiapkan

Persiapan Adopsi Kucing (Baca Ini Dulu Sebelum Adopsi Kucing Pertama Kamu)