Photo by Francesco Ungaro from Pexels
in

GemesGemes SukaSuka

Perkembangan Kucing di Usia 3 Bulan Sampai 6 Bulan

Kucingmu udah umur 3 bulan nih, kira-kira apa sih yang harus diantisipasi?

Anak kucingmu lahir, membuka mata dan telinganya, tumbuh gigi, dan mulai mandiri dari ibu kucing dan makan makanan dryfood. Ada banyak yang berubah dari kucingmu. Mulai dari 6 Minggu pertama kucing setelah lahir, kemudian tidak terasa anak kucing melewati 6 sampai 12 minggu pertama. Sekarang si kucing usianya 3 bulan. Perubahan apa aja sih di perkembangan anak kucing di Usia 3 Sampai 6 Bulan.

Perubahan Anak Kucing di Usia 3 Bulan Hingga 6 Bulan

Perubahan Fisik Kucing

  • Di umur kucing 3 bulan. Kucingmu akan punya semua gigi susunya dan akan mulai berganti menjadi gigi dewasa. Kalau kucingmu belum berganti gigi di usia 6 bulan, dokter hewanmu mungkin merekomendasikan giginya dicabut. Gigi susu yang belum lepas bisa menjadi masalah kesehatan dikemudian hari. Kucing pada umumnya punya 26 gigi susu dan 30 gigi dewasa, jadi kucingmu bakalan sering gigit-gigit dalam beberapa bulan. Kamu juga mungkin bakalan nemu gigi kucingmu ada dilantai, tapi seringkali kucingmu bakalan nelen giginya.
  • Begitu di umur 3 bulan, mata kucingmu juga berubah menjadi mata kucing dewasanya. Warna biru waktu kucingmu masih kecil, bakalan mulai berubah, kecuali genetik kucingmu emang bermata biru.
  • Kucing di usia 3 bulan sampai 6 bulan, badannya bakalan mulai berisi. Artinya, kucingmu akan terlihat berisi dengan otot dan berubah dari kucing yang buncit jadi kucing muda dengan perut yang lebih kurus dan panjang.

Perubahan Perilaku Kucing

kucing-siam
Gambar dari Getty Images
  • Diawal-awal kucingmu memang sering banget buat tidur. Tapi, perlahan seiring kucingmu semakin dewasa, waktu tidurnya bakalan berkurang, mereka bakalan lebih sering menjelajah dan bermain. Mereka juga suka mengigit segala sesuatu yang terlihat, dan mulai berani mendekati hewan lainnya. Beberapa bulan bersosialisasi dengan ibu dan saudaranya bakalan nunjukin hasilnya di umur kucing 3 bulan sampai 6 bulan, bersamaan dengan pembentukan karakternya. Kalau kucingmu dipisah dari ibunya terlalu awal, kucingmu mungkin bakalan agresif ke makanan atau mainannya.
  • Ketika gigi kucingmu tumbuh normal bagi mereka untuk gigitin mainan, furnitur, atau bahkan beberapa barang yang gak seharusnya kucingmu gigit. Kucingmu ngelakuin ini agar gigi susu kucingmu copot dan digantikan gigi dewasa. Mempersiapkan rumahmu untuk melihara kucing perlu buat jagain kucingmu tetap aman, dan juga untuk jagain barang-barangmu dari gigi dan cakar kucing.
  • Kebanyakan kucing di usia 6 bulan, mereka mulai beranjak dewasa secara seksual. Tapi, ini berbeda dari satu kucing dengan kucing yang lain, ada yang lebih cepat, ada yang ideal bahkan lebih lama. Begitu dia dewasa secara seksual, kucing, kucingmu bakalan bersikap beda kayak biasanya karena pengaruh hormon. Kucing betina waktu lagi musim kawin, bakalan meong kayak nangis dan ekornya lurus keatas, sedangkan kucing jantan bakalan lebih agresif. Operasi untuk mengebiri kucing bakalan ngilangin perilaku kucing yang berubah karena hormonnya.

Perawatan dan Kesehatan Kucing

kucing-bengal
Gambar dari Getty Images
  • Kucing di Usia 3 bulan hingga 6 bulan, seharusnya sudah pernah ke dokter hewan dan disuntik vaksin pertama di umur 2 bulan. 3 sampai 4 minggu setelah vaksin pertama, atau sekitar kucing di usia 3 bulan disuntik vaksin kedua. Satu bulan berikutnya, suntik vaksin terakhir ditambah vaksin rabies. Kamu juga bisa diskusi dengan dokter hewanmu masalah vaksin, tergantung resiko kesehatan kucingmu. Vaksin ini sangat penting untuk jagain kucingmu tetap sehat, dan usahakan suntik rabies walaupun kucingmu cuman ada didalam rumah.
  • Mengebiri kucing itu sebenernya termasuk operasi yang paling umum, biasanya sih dilakuin pas kucingmu berusia 6 bulan. Kalau kucing kamu dikebiri, kucingmu gak akan bisa punya anak, dan banyak resiko kanker berkurang secara trastis. Dokter hewanmu bakalan ngerekomendasiin kapan waktunya kebiri kalau kamu pengen kucingmu dikebiri. Selain itu tes darah juga bisa kamu lakuin untuk kucingmu untuk ngeliat kucingmu cukup sehat untuk dioperasi dan juga sebagai patokan kalau kemudian hari kamu mau tes darah untuk ngecek kesehatan kucingmu.
  • Pencegahan parasit juga perlu untuk kucingmu. Waktu kucingmu sudah cukup secara umur dan bobot. Coba deh konsultasi ke dokter hewanmu tentang pencegahan parasit seperti kutu dan cacing. Beberapa obat harus diberikan rutin setiap bulan dan beberapa enggak.

Makanan dan Nutrisi Kucing di Usia 3 Bulan Sampai 6 Bulan

Kucing di Usia 3 bulan sampai 12 bulan masih perlu makanan yang diformulain khusus untuk anak kucing. Begitu kucingmu sudah berumur 6 bulan, mungkin kamu juga harus mengatur jumlah makanan kucingmu kalau mereka terlalu gendut. Setiap makanan kucing pun punya kadar kalori berbeda di setiap cup-nya, jadi usahakan dibaca ya takaran kalori dan bahan makanan kucingmu. Biasanya sih anak kucing butuh sekitar 1/2 cup dryfood setiap harinya.

Melatih Kucing

kucing-persia
Kucing Persia by AAHA

Kucing di usia 3 bulan sampai 6 bulan itu usia penting untuk melatih kucingmu mana tempat yang boleh dia masukin, dan mana yang ga boleh. Mana mainan, mana bukan mainan. Dan kamu juga bisa mulai ngajarin dia namanya. Hadiah snack, pujian, dan dielus lembut itu bisa dipakai untuk ngelatih kucingmu.

Pada usia ini, kucingmu seharusnya sudah bisa lancar memakai kotak pasirnya. Pastiin kalau kucingmu bisa keluar masuk kotak pasirnya dengan mudah dan tahu dimana aja kotak pasirnya. Pertimbangkan juga ukuran kotak pasirnya, jangan sampai kekecilan ya. Dan kalau kucingmu bebas berkeliaran dirumah, siapkan juga kotak pasir lebih dari satu agar kucingmu gak pup sembarangan.

Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh Graha Nurdian

Seorang pecinta kucing yang lahir pada tahun 1994 berada di era transisi antara generasi baby boomer dan generasi Z. Memiliki hobi bersepeda dan fotografi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
kucing-tidur-lama

Anak kucing Usia 6 Minggu Sampai 12 Minggu

2-kucing-lebih-baik

6 Alasan Adopsi 2 Kucing Lebih Baik Daripada 1 Kucing