Photo by Kote Puerto on Unsplash
in

Berapa Lama Anak Kucing Bersama Ibunya Idealnya?

Berapa sih usia ideal adopsi anak kucing?

Ketika akan mengadopsi kucing, seringkali kita melihat anak kucing dijual atau bisa diadopsi ketika masih kecil. Walaupun mungkin ini hal yang umum, membawa anak kucing pulang ketika masih sangat muda itu gak baik lho. Kira-kira berapa lama anak kucing bersama ibunya seharusnya?

Mungkin kamu ingin mengadopsi kucing karena melihat kisah inspirasi seperti foto kucing sebelum dan sesudah diadopsi, atau bahkan karena sudah lama ingin pelihara kucing seperti aku. Kecuali keadaan terpaksa, anak kucing sebaiknya tidak langsung dipisahkan ketika masih muda.

Kapan Memisahkan Anak Kucing Bersama Ibunya?

Si ibu kucing biasanya mulai memisahkan diri bersama anaknya ketika si anak kucing berusia satu bulan. Bukan berarti kamu bisa langsung memisahkan anak kucing sih. Bulan berikutnya masih jadi momen penting antara anak kucing yang tumbuh, meskipun sudah tidak lagi meminum susu ibunya.

Proses penyapihan ini (memisahkan dengan ibunya) biasanya sampai bisa dipisah di umur antara delapan sampai 10 minggu. Selama masa ini, ibunya masih akan tetap merawat anaknya dan mulai makan makanan kucing cair.

Makanan anak kucing cair ini pun secara bertahap diganti ke dry food yang dicampur air. Memasuki empat sampai enam minggu, anak kucing akan mulai mengurangi konsumsi susu ibunya. Membiasakan anak kucing memakan dry food memang mebutuhkan waktu, jadi jangan terlalu dipaksa atau dipercepat.

Bagaimana Jika Ibunya Tidak Ada?

anak-kucing-bersama-ibunya
Photo by Ramiz Dedaković on Unsplash

Kalau semisal ibunya tidak ada entah karena meninggal waktu melahirkan, tertabrak mobil, tidak mau merawat anaknya, atau anak kucing yang ditelantarkan. Anak kucing masih bisa mendapat nutrisi yang mereka butuhkan dari kita manusia. Kita bisa memberi anak kucing susu formula khusus anak kucing (ada di toko petshop), dan memberikannya lewat botol dot.

Tidak seperti anak kucing yang bersama ibunya. Ibu kucing mengajari anak mereka kemampuan penting yang tidak bisa kita lakukan. Kucing yang terpisah dengan ibunya butuh komitmen waktu yang besar, jadi kalau kamu mengadopsi kucing yang tidak bersama ibunya, bersiap-siaplah untuk memberi makan dan membersihkan mereka lebih sering.

Bagaimana Kalau Anak Kucing Dipisahkan dari Ibunya Terlalu Cepat?

Masalah Kesehatan

Kalau anak kucing dipisahkan dari ibunya terlalu cepat, akan ada konsekuensi kesehatan yang cukup serius. Beberapa minggu pertama anak kucing bersama ibunya, penting untuk perkembangan kesehatan dan tubuhnya. Kolostrum dan nutrisi dalam susu ibu, berperan penting dalam perkembangan tulang, kesehatan mata, dan perkembangan organnya.

Kalau anak kucing dipisahkan terlalu awal, ini meningkatkan resiko kesehatannya nanti. Anak kucing ini segera membutuhkan suplemen nutrisi dan perawatan dokter hewan di awal masa hidupnya.

Masalah Perilaku

Selain masalah kesehatan, masalah perilaku juga bisa muncul jika anak kucing bersama ibunya dipisahkan terlalu awal. Ibu kucing mengajari anak mereka pelajaran yang akan berguna seumur hidupnya, dan memberikan bau yang menenangkan. Anak kucing ini akan kesulitan:

  • Membersihkan dirinya
  • Mengubur kotoran di kotak pasir
  • Anak kucing ini akan bermain secara kasar (mudah mencakar dan menggigit dengan keras)
  • Tidak tahu cara berburu makanan
  • Dan masalah perilaku lainnya.
anak-kucing-lucu
Photo by AndriyKo Podilnyk on Unsplash

Anak kucing ini juga akan mengalami kesulitan menyesuaikan dengan rumah baru. Berkembang bersama ibu dan saudaranya adalah bagian penting dari sosialisasi kucing. Tanpa sosialisasi yang benar saat kucing masih kecil, anak kucing berpotensi tumbuh besar menjadi penakut bahkan agresif. Kamu harus menghabiskan waktu lebih banyak untuk memperbaiki ini. Sehingga anak kucing bisa beradaptasi dengan rumah barunya dan perilaku yang sesuai.

Berapa Usia Ideal Anak Kucing Bersama Ibunya Dipisah?

Idealnya, anak kucing bersama ibunya baru dipisah paling tidak sekitar 12 minggu atau 3 bulan. Walaupun beberapa anak kucing bisa dipisah lebih awal, kalau kamu tunggu hingga antara 12 atau 14 minggu, akan lebih baik. Kemungkinan kucing kamu jadi lebih sehat, tersosialisasi dengan baik, dan berkembang dengan baik akan meningkat secara drastis dengan membiarkan anak kucing bersama ibunya sedikit lebih lama.

Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh Graha Nurdian

Seorang pecinta kucing yang lahir pada tahun 1994 berada di era transisi antara generasi baby boomer dan generasi Z. Memiliki hobi bersepeda dan fotografi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
virus-corona-kucing

Virus Corona Kucing, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

anak-kucing-lucu

Perkembangan Anak Kucing di Enam Minggu Pertama