Photo by Borna Bevanda on Unsplash
in

Kucing Belekan Normal atau Enggak, Cara Membedakannya?

Kucing kamu belekan? Kira – kira normal tidak ya?

Kucing belekan normal atau tidak ya? pasti banyak pecinta kucing yang bertanya-tanya ketika mata kucingnya berair, berlendir, atau bahkan muncul kerak? Mata kucing belekan emang kadang bikin jijik. Tapi, kadang mata kucing belekan itu normal, dan kadang mata kucing yang lagi belekan itu tanda kalau ada masalah dengan matanya dan butuh perhatian dokter hewan.

Tenang, kamu ga sendiri kok. Ada banyak pecinta kucing lainnya yang juga bertanya-tanya kalau mata kucing belekan normal atau tidak. Yuk langsung aja kita bahas cara membedakan mata belekan normal atau tidak.

Apasih Kucing Belekan itu?

Mata kucing juga memproduksi air mata sepanjang hari, dan pada umumnya bakalan kesedot pembuangan air mata kucing di pojokan mata. Tapi kalo mata kucing kita mengalami iritasi di matanya, ini bakalan bikin produksi air mata berlebih. Iritasi di mata atau penyumbatan tempat pembuangan air mata kucing bakalan bikin air mata tumpah ke wajah. Ini nih yang bikin kucing belekan.

Terus Membedakan Kucing Belekan Normal atau Enggak Gimana?

Mata kucing, biasanya sih jernih dan cerah ya, tapi kalo ada sedikit lendir, kemungkinan matanya digaruk, atau digesek-gesekin ke sofa atau keset. Kalo sampe kayak gini, berarti ada sesuatu yang bermasalah.

Dari flu biasa, sampe penyakit serius bisa bikin mata kucing belekan. Nah dibawah ini langsung aja kita bahas kemungkinan-kemungkinan yang bedain mata kucing belekan normal atau enggak berdasarkan dari PetswebMD.

1. Kalo Kucing Belekan Sedikit?

Memang secara teknis, mata kucing yang normal seharusnya engga belekan, tapi kadang belek dalam jumlah kecil yang keliatan kering atau bahkan coklat itu tanda belekan yang normal lho. Apalagi kalau lihatnya di pagi hari. Jadi enggak usah terlalu khawatir ya sobat iKucing.

2. Beberapa Ras Kucing Emang Rentan Belekan Lho

kucing-belekan-normal-himalayan
Photo by Ivan Jevtic on Unsplash

Karena bentuk wajahnya, kucing ras seperti Kucing Persia, Kucing Himalayan, dan kucing-kucing lainnya yang punya hidung pendek dan besar, juga bundar matanya cenderung lebih gampang belekan. Tapi kalo belekannya banyak, sebaiknya kamu periksain ke dokter kucing ya.

3. Beberapa Jenis Belekan Kucing, Wajib Langsung Dibawa ke Dokter Hewan

Mata kucing belekan yang berwarna kuning atau hijau itu tidak normal. Kalo kucingmu ngalamin ini, langsung aja bawa ke dokter hewan terdekat. Apalagi kalo sampe bikin kamu bersihin matanya sehari lebih dari dua kali sehari, menyipitkan mata, garuk-garuk muka, atau bahkan matanya kelihatan merah.

Kalau berhubungan dengan kucing belekan yang engga normal, harus cepet-cepet kamu atasin supaya kucing kamu engga ngalamin kebutaan.

4. Ada Banyak Penyakit yang Bikin Mata Kucing Belekan

Kucing mata belekan yang tidak normal bisa karena banyak penyakit atau kelainan mata, termasuk corneal ulcers, conjunctivitis, dan entropion (kelopak mata yang menggulung kedalam dan bikin rambut dikulit mengiritasi mata).

Dokter hewan kamu bakalan memeriksa kucingmu dan mungkin nglakuin beberapa tes buat cari tahu apa sih yang bikin mata kucing kamu belekan.

Jagain Mata Kucing Bersih dari Belekan itu Penting Lho

Selalu pakai kain halus dan basah (air matang buat menghindari bakteri), ada juga beberapa produk untuk bersihin mata kucing belekan di petshop. Tapi pastiin, yang memang fungsinya untuk bersihin mata kucing, aman di mata, dan tidak mengangung alkohol.

Kamu pernah ngalamin kucingnya matanya belekan? Kalo pernah dan udah sembuh bagiin disini dong, apa sih yang bikin mata kucing kamu belekan? dan apa yang kamu lakuin biar mata kucing kamu yang belekan sembuh.

Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh Graha Nurdian

Seorang pecinta kucing yang lahir pada tahun 1994 berada di era transisi antara generasi baby boomer dan generasi Z. Memiliki hobi bersepeda dan fotografi.

Komentar

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
kucing-adopsi-3

10 Foto Kucing Sebelum dan Sesudah Kucing Diadopsi