Photo by Amy Chen on Unsplash
in

Kucing Tidur Lama? Berapa lama sih dia tidur?

Kalo semisal tidur ada lombanya, kucing dapat medali emas tuh!

Kalau semisal ada turnamen tidur, kucingmu pasti pulang-pulang bawa medali emas. Kucing itu makhluk yang paling jago kalau urusan tidur. Entah itu siang hari, atau tengah malam, seringkali mereka lagi tidur (Iya, aku nulis ini juga kucingku lagi tidur).

Tapi jangan salah, meskipun mungkin kamu beranggapan kalau kucing tidur itu biasa aja, ada banyak fakta menarik tentang tingkah laku kucing tidur yang harus kamu ketahui, ya jaga-jaga siapa tahu kamu lagi khawatir kalau tidur kucingmu enggak normal.

Sama kayak kita manusia, kucing punya kebutuhan tidur yang bermacam-macam. Dalam setiap situasi tergantung dari umur, kesehatan, mood, dll.

Oh iya sebelumnya, kamu sudah baca Kucing Belekan Normal atau Enggak? Cara Membedakannya?

Berapa Lama Kucing Tidur?

Kalo kata PetMD, rata-rata kucing tidur 15 jam sehari. Tapi kadang juga kucing bisa tidur hampir 20 jam dalam sehari lho.

Secara umum, mayoritas kucing itu tidur di pagi dan siang hari, ya karena kucing termasuk makhluk nocturnal ya, jadi mereka paling aktif di malam hari. Kalau kamu kepo kenapa, ya memang secara insting mereka begitu.

Karena kucing itu pemburu alamiah, otak dan tubuh mereka dibuat untuk berburu di malam hari, di waktu ketika kemampuan melihat di kegelapan yang mengagumkan, bisa membantu menangkap mangsa mereka tanpa ketahuan lho.

Meskipun dijinakkan, kucing kita masih punya banyak tingkah laku yang sama kayak kucing liar besar seperti Macan dan Singa. Dan karena berburu itu butuh energi banyak, kucing tidur sebanyak mungkin jadi mereka punya energi untuk berburu.

Ya meskipun buruannya itu cuman tikus-tikus an, atau buntelan kertas sih.

Berapa Lama Tidur Yang Dibutuhkan Kucingmu?

kucing-tidur-lama
Photo by Jonathan Fink on Unsplash

Sama kayak diatas, kalau kucingmu tidur 15 jam sehari, ya mungkin memang kebutuhan mereka 15 jam sehari.

Tapi kalau kamu khawatir karena kucingmu tiba-tiba tidur lebih sering daripada biasanya, atau terlihat lesu dan lemah waktu bangun, ini beda lagi. Kalau hal kayak gini bikin kamu khawatir, jelas langsung aja bawa si kucing ke dokter hewan langgananmu.

Kucing juga punya tahapan jumlah tidur yang beda-beda sih.

Waktu masih kecil, mungkin mereka ‘sering’ tidur. Tapi begitu udah mulai dewasa, mungkin juga mereka bakalan loncat-loncat atau lari-lari ke seluruh bagian rumah kamu pagi dan malam.

Waktu kucingmu udah dewasa, jadwal tidurnya pun sudah mulai teratur (dan jadwal tidur ini bisa kamu rubah kebiasaanya), mereka bisa tidur antara 12 sampai 20 jam tergantung hari dan kucingmu.

Kucing yang udah tua juga mungkin merasa kesulitan untuk bergerak dan mulai melamban, jadi jangan khawatir kalau dia tidur sedikit lebih lama dari biasanya.

Kalau Kucing Tidur Apakah Selalu Nyenyak?

Enggak juga, makanya itu ada istilah “catnap”.

Berdasarkan penelitian, cuman sekitar 25 persen tidur kucing itu tidur yang nyenyak, sedangkan sisanya dia cuman tidur-tidur an biasa aja.

Jadi meskipun kucingmu lagi beristirahat, mereka masih cukup waspada untuk bangun secara cepat. Ya sekali lagi, ini adalah insting dasar mereka.

Untuk mengenali kucingmu lagi catnap atau tidur nyenyak, kamu bisa melihat mata mereka kebuka sedikit gak? atau kuping mereka. Kalo kucing mereka masih gerak-gerak, kucingmu bisa tiba-tiba terbangun dan loncat kapan saja.

Kucing Tidur Ngorok dan Mimpi?

Photo by Erik-Jan Leusink on Unsplash

Kalau kamu tidur satu kasur atau satu ruangan sama kucingmu, dan kamu kebangun suara ngorok, jangan takut, bisa jadi kucingmu yang lagi ngorok.

Seringkali sih ini bukan masalah serius ya, karena kucing juga bisa ngorok. Dan beberapa ras kucing kayak Himalaya atau Persia yang hidungnya pesek bakalan lebih rentan buat ngorok.

Selain ngorok, kucing juga bisa mimpi lho. Sama kayak kita, kucing bisa mimpi enak atau mimpi buruk. Kalau kamu ngeliatin kumis kucing kamu gerak-gerak atau kakinya gerak kayak jalan, mungkin kucingmu lagi ditengah-tengah mimpi.

Mimpinya gimana? seandainya kucing bisa ditanyain :’)

Apa yang Bikin Tidur Kucing Berkurang?

Karena kucing itu makhluk yang gampang buat adaptasi, mereka bisa aja mengurangi jatah tidur mereka.

Contohnya, kalau semisal kucing kamu sering terkena sinar matahari atau sinar lampu, kucing kamu bakalan tidur lebih sedikit dibanding kucing lain.

Selain itu, kalau semisal waktunya dia tidur kamu ngajak main atau kamu elus-elus yang bikin dia ga nyaman, dia juga bakalan ga bisa tidur.

Bahkan kalau kamu ngurangin jatah makan mereka dari biasanya, mereka bakalan bangun lebih lama. Dan itu juga bakalan bikin tidur mereka kepotong-potong, jadi pikir-pikir lagi ya sebelum ngurangin jatah makan mereka secara tiba-tiba.

Gimana Kalau Kebiasaan Tidur Kucingku Berubah?

Kalau kamu menyadari tiba-tiba kebiasaan tidur kucingmu berubah, mungkin ini saatnya kamu bawa kucingmu ke dokter hewan langgananmu.

Contohnya, kalau kucingmu tidur lebih banyak atau lebih sedikit dari sebelumnya, bisa jadi itu tanda dia lagi kesakitan, entah itu masalah pencernaan, atau mungkin lagi depresi.

Tapi, kalau tiba-tiba kucingmu tiduran di kotak pasir yang baru setelah kamu ganti, jangan khawatir, tanpa alasan yang jelas, kucing emang suka buat rebahan di kotak pasir yang baru.

Mungkin sebagian orang beranggapan kalau kucing itu malas karena kebiasaan tidurnya, padahal mereka cuman ahli dalam bersantai. Lain waktu kalau kamu lagi stress, tidak bisa fokus, dan tegang, mungkin kamu harus mencontoh kucing kamu, bersantai dan beristirahatlah dulu sebentar <3

Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh Graha Nurdian

Seorang pecinta kucing yang lahir pada tahun 1994 berada di era transisi antara generasi baby boomer dan generasi Z. Memiliki hobi bersepeda dan fotografi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
kucing-oyen

4 Tipe Karakter Kucing, Termasuk Kucing Apa Kamu?

kucing-persia

Kucing Persia Harga, Jenis, dan Perawatan