Foto oleh HelgaKa dari Pixabay
in

Adopsi Kucing Pertama? Apa yang Perlu Dipertimbangkan?

Sebelum kamu adopsi kucing pertama kamu, pertimbangkan dulu hal dibawah ini

Kalau kamu kepikiran buat adopsi kucing pertama kamu, ada beberapa pertimbangan dan beberapa pilihan yang harus kamu pilih. Entah itu umur kucing, jenis kelamin, kesehatan, dll. Terlebih, umur kucing yang dirawat dalam rumah bisa mencapai umur 20 tahun lho, jadi sangatlah penting untuk serius berkomitmen dalam memelihara kucing dan mempersiapkan segala sesuatunya.

Apa aja sih yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengadopsi kucing pertamamu? yuk langsung aja kita bahas.

Komitmen

Pertimbangkan secara serius komitmen kamu waktu mempelihara kucing. Kucing itu makhluk hidup, dan mereka berhak kok dianggap sebagai salah satu anggota keluarga yang kamu punya. Mengadopsi kucing bakalan jadi tanggung jawabmu selama dia hidup, mereka butuh kamu untuk menyediakan makanan sehat dan bergizi, keamanan, kasih sayang, dan perawatan dokter hewan disaat suka maupun duka.

Tapi, kalau kamu sudah lama pengen adopsi kucing pertama kamu dan kamu ngerasa ini waktu yang tepat, coba diskusikan dulu dengan anggota keluargamu yang lain. Karena kamu akan berbagi komitmen ini karena kamu akan punya anggota keluarga yang baru. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan anggota keluarga yang lain. Apakah keluargamu ada yang alergi kucing, atau punya phobia terhadap kucing.

Umur Untuk Adopsi Kucing Pertama Kamu

adopsi-kucing-lucu
Foto oleh Pexels dari Pixabay

Ketika kamu punya niatan untuk adopsi kucing pertama kamu, berarti kamu harus memilih antara anak kucing, kucing dewasa, atau mungkin kucing yang sudah tua. Meskipun mereka sangat lucu, mengadopsi dan merawat anak kucing butuh waktu dan perhatian lebih. Anak kucing juga masih belajar bagaimana perilaku baik itu, dan mungkin bakalan mulai menggigit atau mencakar barang-barang kamu.

Anak kucing, masih suka untuk bermain dan mudah bosan. Akan lebih baik kalau kamu mengadopsi dua kucing daripada satu, jadi mereka ga gampang bosan dan mereka berdua bisa bersosialisasi seperti saudara. Anak kucing dibawah tiga bulan, mungkin masih kesulitan dengan kotak pasirnya, mengatur perilakunya, dll. Mengaturnya akan susah, tapi dengan dua kucing, kamu bisa mengajari mereka lebih mudah, dan mereka akan saling mengajari satu sama lain.

Kalau kamu ingin adopsi anak kucing untuk kucing pertama kamu, pastikan juga umur mereka minimal tiga bulan. Kalau anak kucing dipisahkan terlalu awal dari ibunya, takutnya mereka gak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik atau punya masalah perilaku yang bakal bikin kamu harus memberi perhatian ekstra.

Memilih Jenis Kucing

kucing-russian-blue
Gambar dari Getty Images

Dalam memilih adopsi kucing pertama kamu, terserah kamu untuk adopsi jenis kucing yang seperti apa, entah kucing persia, atau yang lain. Meskipun akan lebih baik kalau kamu mempertimbangkan adopsi kucing yang ada di shelter, atau adopsi kucing jalanan. Itu keputusanmu, dan aku juga ga berhak untuk nge-judge kamu dalam hal ini. Akan lebih baik kamu mengadopsi kucing ras dengan sungguh-sungguh daripada kucing jalanan dengan sembarangan.

Kalau kamu sudah mempertimbangkan tiga hal diatas, dan kamu juga sudah menyiapkan rumah kamu untuk si kucing. Kamu bisa langsung adopsi kucing pertama kamu. Yuk ceritain pengalaman adopsi kucing pertama kamu di kotak komentar dibawah.

Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh Graha Nurdian

Seorang pecinta kucing yang lahir pada tahun 1994 berada di era transisi antara generasi baby boomer dan generasi Z. Memiliki hobi bersepeda dan fotografi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
si-kucing-oren

10 Meme Kucing Oren Barbar ini Bakalan Bikin Kamu Ngakak

kucing-munchkin

Kucing Munchkin Harga, Jenis, dan Perawatan