Photo by Halanna Halila on Unsplash
in

6 Alasan Adopsi 2 Kucing Lebih Baik Daripada 1 Kucing

Sungguhan, adopsi 2 kucing sekaligus justru ga bikin kamu repot!

Mungkin kamu belum pernah melihara kucing dan ingin melihara anak kucing, karena kamu barusan mulai untuk melihara kucing mungkin kamu berfikir sebagai permulaan ingin mengadopsi satu kucing aja untuk pertama kali. Aku tahu, karena aku pernah ada di posisi itu waktu mau adopsi kucing persia, dulu aku juga beranggapan setelah membaca cara merawat kucing, sepertinya kalau punya kucing lebih dari 1 bakalan ngerepotin. Tapi tahukah kamu 2 kucing lebih baik dan justru bikin gak serepot kalau cuman punya kucing 1.

Alasan 2 Kucing Lebih Baik Daripada 1

1. Karena 2 Kucing Lebih Lucu!

Apa sih yang lebih lucu dari kucing? 2 kucing! Selain alasan-alasan yang lebih serius, kita buka dulu dengan alasan yang cukup serius hehe. Sungguhan deh, punya kucing lebih dari satu itu lucu dan menggemaskan.

2. Mereka Bisa Bermain Satu Sama Lain

anak-kucing-di-usia-6-minggu
Photo by The Lucky Neko on Unsplash

Meskipun banyak pendapat yang bilang kalau kucing itu hewan yang mandiri, kucing bukanlah hewan yang benar-benar independen. Kalau mereka bosan dan kesepian, kucing kamu bakalan bertingkah dan mungkin akan merusak barang-barang disekitarnya. Makanya penting untuk ngajak main kucing setiap harinya, apalagi kalau kamu sering keluar rumah dan jadwalmu padat.

Mengadopsi 2 Kucing (anak kucing) secara bersamaan, lebih baik karena mereka jadi punya teman dan lawan bermain. Sambil kamu mengerjakan tugas atau kerjaan, mereka saling bermain, tidur bersama, tanpa merasa kesepian.

Usahakan adopsi 2 kucing yang berasal dari indukan yang sama, jadi mereka ga perlu harus saling terbiasa lebih dahulu.

3. Melatih Mereka Jadi Lebih Mudah

Cara belajar kucing paling efektif adalah dengan melihat kucing lainnya melakukan hal yang sama. 2 Kucing lebih baik dalam melatih satu sama lain, mereka bisa belajar perilaku yang baik satu sama lain seperti cara memakai kotak pasir, grooming, belajar bagaimana mengkontrol gigitan dan cakaran mereka dengan bermain satu sama lain.

Selain itu, kalau salah satu kucing sudah punya perilaku yang baik, kucing lainnya bakalan lebih cepat meniru dan belajar daripada dia belajar sendiri atau belajar sama kamu.

4. Mereka Menjadi Lebih Aktif

anak-kucing-baru-lahir
Foto dari Shutterstock

Kucing menghabiskan energi berlebih mereka dalam berbagai cara yang lucu. Ada yang tiba-tiba melompat lompat, ada yang berlari tanpa arah. Tapi, ada yang tidak lucu, seperti waktu mereka mencakar-cakar kaki kursi atau meja, mengigit-gigit barang kamu, dll. Maka dari itu penting untuk terus menjaga kucingmu tetap aktif dan bermain untuk menghindari perilaku-perilaku tidak baik ini. Tapi, bahkan pecinta kucing paling berdedikasi pun belum tentupunya waktu yang cukup untuk mengajak mereka bermain.

Disinilah 2 kucing lebih baik, dengan mengadopsi 2 kucing sekaligus, mereka bisa bermain bersama-sama, berolahraga, aktif, dan mentalnya saling terstimulasi, jadi kamu tinggal duduk santai sambil melihat kelakuan aneh 2 kucingmu.

5. 2 Kucing Lebih Bikin Mereka Ga Pilih-Pilih Makanan

Kucing yang suka pilih-pilih makanan itu serius bikin sebel, dan kalau si Kucing gamau makan selama beberapa hari berturut-turut, pilih-pilih makanan juga berbahaya buat si Kucing.

Dengan kamu adopsi 2 kucing lebih bikin mereka ga pilih makanan. Kenapa? karena kalau dia lihat kucing satunya makan, walaupun ga selera dia bakalan tetap ikut makan.

6. 2 Kucing Lebih Bikin Kucingmu Bersih

Salah satu cara membuat kucingmu tetap bersih? punya kucing lainnya! 2 Kucing lebih bikin mereka bersih karena mereka saling membersihkan satu sama lain, kucing lainnya bisa bersihin bagian tubuh yang ga bisa mereka jangkau kalau mereka harus grooming sendiri.

Sudah Tahukan Alasan Adopsi 2 Kucing Lebih Baik Daripada 1 Kucing

kucing-adopsi-8
u/Mermaid_Mama323 / Via reddit.com

Bukan berarti kamu harus mengadopsi 2 kucing sekaligus, tapi aku rekomendasiin kalau kamu memang bisa adopsi 2 kucing langsung adopsi 2 kucing lebih baik. Karena kalau kamu terlalu maksa buat adopsi lebih dari 1 kucing, takutnya kamu malah kesulitan buat merawat mereka.

Gimana dengan pengalamanmu? Pernah ga adopsi langsung 2 kucing?

Bagaimana menurutmu?

Ditulis oleh Graha Nurdian

Seorang pecinta kucing yang lahir pada tahun 1994 berada di era transisi antara generasi baby boomer dan generasi Z. Memiliki hobi bersepeda dan fotografi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
Kucing-di-usia-3-bulan

Perkembangan Kucing di Usia 3 Bulan Sampai 6 Bulan

si-kucing-oren

10 Meme Kucing Oren Barbar ini Bakalan Bikin Kamu Ngakak